Home » » Aksesoris untuk fotografi makro (Macro Photography)

Aksesoris untuk fotografi makro (Macro Photography)

Saat Anda memfokuskan sebuah lensa, semakin jauh lensa dari sensor gambar (image sensor) semakin dekat fokusnya. Tapi jarak antara lensa dan sensor terbatas, maka ada batasan seberapa dekat kita bisa memfokuskan lensa ke subjek foto.
Dengan menambahkan extension tube (tabung tambahan) antara lensa ke badan kamera, kita bisa menambah jarak antara lensa dan sensor gambar, sehingga dapat fokus lebih dekat daripada biasanya. Dengan kemampuan ini, subjek yang difoto terlihat semakin besar.

Tiga extension tube TTL+Autofocus untuk kamera DSLR Canon
Tiga extension tube TTL+Autofocus untuk kamera DSLR Canon

Extension tube ini berbentuk seperti tabung yang dalamnya bolong, tidak ada isinya. Biasanya memiliki beberapa ukuran, semakin besar/tebal tabungnya, semakin banyak ruang maka semakin besar perbesarannya. Jika ukuran extension sama dengan panjang fokal (focal length) lensa, Anda bisa mendapatkan perbesaran 1:1 seperti sebagian besar lensa makro.
Contohnya jika memakai lensa berjarak fokus 65 mm (jika memiliki lensa zoom, bisa di zoom ke 65mm), maka dengan menumpukkan ketiga tube (31+21+13mm) maka Anda akan mendapatkan perbesaran 1:1.
Extension tube bisa ditumpukkan untuk mendapatkan jarak yang lebih panjang. Untuk fotografi benda-benda kecil, lebih cocok mengunakan lensa dengan focal length yang panjang supaya ada jarak yang cukup antara kamera dengan subjek foto dan latar belakang lebih blur.
Keunggulan aksesoris ini dibandingkan dengan filter close-up atau converter adalah, kualitas foto akan tetap terjaga karena tidak ada elemen optik di dalam tabung. Kekurangannya, memakai extension tube berarti mengurangi cahaya yang masuk ke sensor gambar. Semakin panjang, semakin banyak cahaya yang berkurang, maka itu lebih cocok digunakan di outdoor saat cuaca cerah, atau memakai bantuan tripod. Kelemahan lainnya adalah kita tidak bisa memfokuskan lensa ke tak terhingga (yang jauh sekali).
Saat membeli extension tube, saran saya belilah yang memiliki fungsi TTL (through the lens) dan autofokus. Dengan demikian, kita bisa memotret dengan leluasa seperti tidak memakai extension tube. Jika tidak memiliki kedua fitur itu, kita harus memaju-mundurkan kamera sampai mendapatkan fokus dan harus mencoba-coba setting terang gelap yang pas sendiri. Pastikan aksesoris ini cocok untuk kamera masing-masing.
Extension tube yang saya pakai diatas adalah Extension tube Aputure. Tersedia untuk kamera DSLR Canon atau Nikon. Paketnya berisi tiga buah extension tube berukuran 13mm, 21mm, dan 31mm. Bisa dipesan melalui toko online Ranafotovideo.com atau hubungi 0858 1318 3069.
Dibawah ini adalah contoh foto dengan extension tube dan tidak.

Hasil foto dengan lensa Canon 40mm f/2,8 dipasangkan dengan extension tube 21mm

Lensa 40mm f/2.8 tanpa extension tube, sekitar 30cm dari kamera.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Planet Foto Indonesia

0 komentar :

Posting Komentar

 
Website Ini Dilindungi Oleh DMCA Protection
Copyright © 2013. Planet Foto Indonesia - All Rights Reserved
Plubished By Facebook | Twitter Planet Foto
Proudly Powered By Blogger